Kebutuhan Sosial Online



Share

Teori hirarki kebutuhan Maslow yang dicetuskan 64 tahun lalu menyebutkan bahwa manusia memiliki lima kebutuhan bertingkat. Mulai dari kebutuhan fisiologis (sandang, pangan, serta kebutuhan biologis), keamanan (bebas dari ancaman, penjajahan, teror, dan sejenisnya), sosial (bertemen, berkeluarga, cinta), penghargaan (pujian, penghargaan, tanda jasa) serta aktualisasi diri (bertindak sesuka hati sesuai bakat dan minatnya). Barangsiapa bisa memenuhi lima kebutuhan ini maka akan bisa mendapatkan bisnis yang amat besar.

Nah, di dunia maya, Communispace menemukan enam kebutuhan sosial utama manusia. Barangsiapa bisa memenuhinya di dunia maya, maka akan mendapat efek bisnis yang luar biasa.

Apa itu keenam kebutuhan sosial di dunia maya?

Pertama: Mengekspresikan Identitas Personal.

Jaringan sosial online menyediakan berbagai fasilitas dan alat bagi siapapun yang ingin mencitrakan (atau mencitrakan kembali) dirinya sendiri melalui profil dan interaktivitasnya. Coba perhatikan profil-profil Friendster, Facebook dan sejenisnya. Anda bisa saja tercengang membaca profil teman kita sendiri karena bisa berbeda dengan persespi kita selama ini mengenai teman tersebut.

Kedua: Status dan Penghargaan (self-esteem).


Kebutuhan untuk diakui, dihargai, dipuja, tersalur betul via jaringan sosial online. Friendster bisa menghebat di Indonesia antara lain karena ada fasilitas testimonial, yang isinya biasanya puja puji dari teman-teman terhadap prestasi seseorang. Perhatikan juga, foto-foto yang tampil di jaringan sosial online adalah foto-foto untuk menaikkan status (misalnya sedang jalan-jalan di Eropa, menyelam di pantai paling indah di dunia, atau foto bersama bintang tenar).

Ketiga: Saling Memberi dan Menolong.

Manusia memiliki kebutuhan untuk meminta pertolongan atau memberi pertolongan. Internet mempermudah kebutuhan itu. Bahkan kepada orang yang belum kita kenal pun kita bisa memberikan pertolongan di jaringan sosial online.

Keempat: Berafiliasi dan Saling Memiliki.

Komunitas online menjadi ajang paling mudah untuk menemukan orang-orang “yang seperti kita”, kemudian menjalin komunikasi dan saling terkoneksi satu sama lain untuk saling berbagi informasi mengenai hobi, minat atau kebutuhan yang sejenis. Misalnya, membentuk komunitas sesama Internet marketer, pehobi kendaraan bermotor, dan lain-lain.

Kelima: Rasa Komunitas.

Rasa memiliki saja tidak cukup untuk membangun komunitas. Komunitas akan terbentuk jika ada hubungan timbal balik jangka panjang yang saling menguntungkan. Inilah yang disebut oleh Communispace sebagai Sense of Community atau rasa komunitas.

Sebenarnya, hanya dengan memenuhi kelima kebutuhan sosial online di atas, menurut Communispace, perusahaan akan meraih kepercayaan pelanggannya, sekaligus mendapatkan insight mengenai pelanggan dan anggota komunitas. Consumer insight yang dicari oleh kebanyakan marketer tersedia melimpah di jaringan sosial online.

Dan manakala perusahaan bergerak lebih jauh lagi, dengan mengajak mereka dan memenuhi gagasan-gagasan pelanggannya, menurut Communispace maka seseungguhnya mereka memenuhi kebutuhan keenam jaringan sosial online.

Keenam: Keyakinan terhadap Nilai Diri.

Manusia butuh merasa yakin terhadap nilai dirinya. Mereka berharap apa yang mereka ucapkan dinilai penting oleh yang lain dan berdampak positif ke lingkungan di sekitar mereka.



Sumber : http://www.virtual.co.id/blog/online-behavior/enam-kebutuhan-sosial-online/

3 komentar:

Andri Journal mengatakan...

Sebentar lg aku jg maw posting masalah aktualisasi diri ah. :p Tp yg jelas,untuk menjadi blogger seleb gak harus gabung ke komunitas lho.Rina Juliani contohnya..hehehe..

anantasean mengatakan...

owh.. jadi gitu ya

FelinoPhobia mengatakan...

@mas andri :
ditunggu lho postingannya

@anantasean :
humm...mungkin kurang lebih seperti itu... :D

69%

This quiz was provided by Match Special
Free Online Dating

Artikel Top

Widget edited by Anang

Pengunjung

Kunjungi Juga

Top Comment

Widget by Mxyzplk Distributed by Blogging - SEO Tricks

Personality

Click to view my Personality Profile page

Jejakmu


ShoutMix chat widget

IP Adress

IP

Page Rank

powered by PRBbutton

YM yuk...

Visitor

free counters