Barack Obama....Presiden AS ke-44



Share

Barack Obama telah mengucapkan sumpah sebagai presiden ke-44 Amerika Serikat.

Obama yang kini tercatat sebagai presiden kulit hitam pertama Amerika itu memegang Injil yang digunakan Abraham Lincoln pada pengambilan sumpah pada tahun 1861, dan mengucapkan sumpah jabatan dengan janji "mempertahankan, melindungi dan membela Konstitusi Amerika Serikat".

Presiden AS Barack Obama beserta istri sesaat sebelum mengikuti sumpah presiden


Pemerintahan Abraham Lincoln sekitar satu setengah abad lalu mengawali dihapuskan perbudakan di Amerika.

Dalam pidato pertamanya sebagai presiden, Obama, 47 tahun, mengatakan, Amerika Serikat tengah menghadapi krisis.
Presiden Obama mengatakan, tantangan yang menghadang Amerika banyak, nyata dan serius, dan tidak akan mudah atau cepat diatasi, namun Obama mengatakan, Amerika akan tahu tantangan-tantangan itu akan dihadapi.

Saat dia muncul ke tempat terbuka yang diterangi cahaya matahari dari gedung Capitol di Washington D.C, Obama disambut tepuk tangan massa.

Jutaan orang berkumpul di memadati kawasan National Mall sejak subuh waktu sempat di tengah cuaca sangat dingin.

Upacara pengambilan sumpah kepresidenan Obama berlangsung pada pukul 12:00 (17:00 GMT, atau 24:00 WIB).

Pengamanan dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya digelar. Sebanyak 40.000 personel keamanan dikerahkan untuk bertugas, atau berjaga-jaga di ibukota Amerika.

Di seluruh Amerika, ada perasaan bahwa sejarah tengah tercipta, kata para wartawan.

Warga sudah menunggu-nunggu di seluruh Amerika menjelang upacara yang berlangsung di tangga Capitol, tempat Kongres AS bersidang.

Namun, presiden baru menghadapai tantangan serius. Amerika sedang dilanda ketidakpastian, sementara ekonomi negara itu menghadapi krisis terburuk yang pernah terjadi dalam beberapa dekade.

Obama harus juga menangani perang di Irak dan Afghanistan, dan berusaha menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

Di Washington, para pejabat keamanan dalam negeri mengatakan, mereka tengah memantau "potensi ancaman" yang memiliki "kredibilitas yang tidak bisa dipastikan" pada hari pelantikan Barack H Obama.

Ingin lebih tahu Obama??? Monggo di klik Profil Obama

Ratusan ribu pengunjung tiba di Washington beberapa hari sebelum pengambilan sumpah, dan banyak di antaranya nekat menghadapi suhu dingin pagi hari agar bisa mendapatkan posisi yang bagus untuk menyaksikan upacara di tengah hari tersebut.

Persaingan untuk mendapatkan tiket di sepanjang rute parade sangat ketat, demikian juga persaingan untuk mendapat ruang berdiri di National Mall.

Para pejabat di Washington melaporkan rekor jumlah penumpang di sistem jaringan kereta bawah tanah kota itu Selasa pagi, dan polisi terpaksa menutup titik masuk utama beberapa jam sebelum upacara dimulai akibat jumlah penumpang jauh melampaui kapasitas.

Sebelum pukul 09:00 waktu setempat (14:00 GMT), Barack dan Michelle Obama berangkat dengan konvoi kendaran antipeluru untuk menghadiri misa gereja tertup di Gereja Episkopal St John bersama Wakil Presiden terpilih Joe Biden dan keluargnya.

Konvoi itu kemudian melanjutkan perjalanan ke Gedung Putih, tempat Obama dan Biden minum kopi dengan pendahulu mereka Presiden George W Bush dan Wakil Presiden Dick Cheney.

warga Amerika berjubel menunggu sumpah dan pidato kepresidenan AS BArack Obama
Rombongan itu, termasuk Wapres Cheney yang duduk di kursi roda akibat masalah otot punggung, kemudian bertolak ke Capitol, tempat tamu-tamu penting menunggu mereka menjelang pengambilan sumpah.

Di sana, mulai sekitar pukul 11:30 waktu setempat (16:30 GMT), Joe Biden akan diambil sumpah disusul oleh Barack Obama.

Obama dari Partai Demokrat terpilih dengan menyisihkan capres dari Partai Republik, John McCain pada pemilihan 4 November.


Selamat Datang Barack Obama dan Selamat Tinggal Bush :D

3 komentar:

Andri Journal mengatakan...

Mending aku nonton Naruto dik...dik...Wah, naruto yang kuminta darimu sudah selesai aku liat semua gimana ini? Maw download tapi gak tahu alamatnya.Kira2 alamatnya dimana yak?

Malah mbahas Naruto. :D

gatel garuk mengatakan...

wedyun..
demam obama juga terasa di indonesia...
banyak orang yg pengen nongton langsung pelantikan obama walopun cuma dari tipi..
*pilpres di indonesia gak segitunya deh*
wkwk

FelinoPhobia mengatakan...

@Mas Andri :
jaka sembung naik ojek,gak nyambung jek...orang bahas obama kok larinya narutn,emang kapan naruto bisa jadi presiden konoha?hahaha....kiriman file komik naruto dariku dah nyampe blum?disitu ada web tmpat downloadnya...kalo video film aq taunya lwt youtube.com ato search aja lwt mbah google..

@bocah gatelen:
iya demam obama bgt yaw...aq sbenerx gak terlalu demam panasnya tp cm agak sumèr (bkn summer) hahaha...

69%

This quiz was provided by Match Special
Free Online Dating

Artikel Top

Widget edited by Anang

Pengunjung

Kunjungi Juga

Top Comment

Widget by Mxyzplk Distributed by Blogging - SEO Tricks

Personality

Click to view my Personality Profile page

Jejakmu


ShoutMix chat widget

IP Adress

IP

Page Rank

powered by PRBbutton

YM yuk...

Visitor

free counters